CARA MERAWAT HEWAN HAMSTER

 
Merawat hamster - Hamster adalah hewan peliharaan yang sempurna untuk anak-anak. Hamster relatif menyenangkan, imut, dan yang penting mudah memeliharanya.
Dengan perawatan yang tepat, hamster dapat hidup sampai lima tahun.


Berikut adalah cara merawat hamster agar tetap sehat dan berumur panjang:
1. Kandang atau akuarium.
Hamster harus diletakkan dalam kandang atau akuarium agar tidak kabur. Kandang harus memiliki dasar yang solid dengan bagian atas ditutup kawat.
Jika Anda lebih menyukai meletakkan hamster dalam akuarium, bagian atas akuarium juga harus ditutup dengan kawat, terutama jika akuarium Anda tidak terlalu tinggi untuk menghindarkan hamster melarikan diri.
2. Alas kandang atau akuarium.
Beri alas kandang atau akuarium dengan serutan kayu atau kertas bekas. Jangan pernah menggunakan serutan pinus sebagai alas karena menghasilkan uap yang bisa meracuni hamster.
3. Pasokan makanan.
Beri hamster makanan yang cukup. Jenis makanan juga harus divariasikan untuk menghindari kebosanan dan menjamin terpenuhinya semua kebutuhan nutrisi.
Hamster juga harus diberi air segar yang cukup. Beri juga hamster makanan segar seperti biji bunga matahari setiap beberapa hari.
4. Mainan untuk hamster.
Tambahkan berbagai mainan untuk hamster. Sebuah roda bisa ditempatkan dalam kandang hamster. Pilih roda yang berpermukaan padat.
Roda yang memiliki semacam anak tangga berpotensi membuat hamster cedera seperti mengalami patah kaki.
Tambahkan pula bekas gulungan tisu toilet, atau kotak tisu sebagai tempat persembunyian hamster. Anda juga bisa memberi hamster biskuit anjing sebagai makanan selingan.
5. Membersihkan kandang atau akuarium.
Kandang harus dibersihkan setiap beberapa hari sekali. Bersihkan kandang pada sore hari. Hamster merupakan hewan yang aktif di malam hari.
Membersihkan kandang pada pagi atau siang hari hanya akan membuat hamster menjadi lebih agresif. Bersihkan semua sisa makanan.
Setidaknya seminggu sekali Anda harus mengangkat semua alas dan membersihkan kandang secara menyeluruh dengan mencucinya.
6. Menjaga kesehatan hamster.
Perhatikan jika hamster menunjukkan tanda-tanda seperti mata kusam, lesu, dan bulu kusut.
Tanda tersebut mungkin menunjukkan hamster sedang sakit. Jika perlu, bawa segera hamster ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan yang tepat

CARA MERAWAT HEWAN HAMSTER Diposkan Oleh:

0 Diskusi:

Post a Comment